Kepala Seksi SMK Hermadi Jaya SE Membuka Kegiatan Pendampingan Perencanaan Berbasis Data Tingkar SMK Se-Kabupaten Mamuju Tengah

Kepala Seksi SMk Hermadi Jaya SE, Heiranto S.Pd (Narsumber) dan Harisandy S.Pd (Wakasek SMKN  1 Topoyo) 
Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah perencanaan yang dilakukan oleh satuan pendidikan, program pendidikan, lembaga pendidikan, maupun pemerintah daerah yang didasarkan pada data Rapor Pendidikan. Perencanaan berbasis data bertujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Selain itu, perencanaan berbasis data juga bertujuan memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran yang efektif dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan dinas maupun satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pemerintah daerah dapat melakukan refleksi diri dengan menganalisis data dalam Rapor Pendidikan, mengidentifikasi akar masalah, dan menyusun rencana kegiatan dalam RKAS atau RKPD untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kegiatan Pendampingan Perencanaan Berbasis Data Tingkat SMK ini dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Peerikanan Teknologi Informasi  dan Komuinikasi(BPPMPVKPTIK) Kemendikbudristek yang dibuka langsung oleh Kepala Seksi SMK Hermadi Jaya SE di Aula SMKN 1 Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah tanggal 30 Juli 2024. Dan kegiatan tersebut juga berlangsung di 5 kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Bart kecuali Kabupten Pasangkayu yang dilaksanakan di tanggal 31 Juli 2024.

Dalam sambutannya, mengatakan Perencanaan Berbasis Data (PBD) bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret. Selain itu, Perencanaan Berbasis Data (PBD) juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau dinas berdasarkan identifikasi masalah yang berasal dari data pada platform Rapor Pendidikan.

Diharapkan  kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dan sekolah-sekolah yang terlibat. Dengan perencanaan berbasis data, sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa. Selain itu, sekolah juga dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan Pendidikan, pungkasnya

Pendampingan ini langsung di damping dari pihak BPPMPVKPTIK Gowa, sebagai narasumber yakni Bapakak Herianto S.Pd dn Bu Lindah.

Dalam penyampaian materi Perencanaan Berbasis Data, Herianto S.Pd selaku narasumber menyampaikan bahwa Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data merupakan cara untuk mengidentifikasi akar permasalahaan yang terjadi pada satuan pendidikan, melakukan refleksi capain pendidikan yang berlangsung sejauh ini dan merupakan bahan diskusi secara konstruktif dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Lebih lanjut disampaikan oleh narasumber bahwa Kemdikbudristek bersama Pemerintah daerah akan memberikan fasilitasi kepada satuan pendidikan terkait dengan Perencanaan Berbasis Data dengan melakukan advokasi dan pendampingan, dukungan meteri untuk belajar secara mandiri, menyediakan pusat bantuan sebagai tempat melakukan konsultasi ketika terdapat kendala-kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan.

Pada sesi terakhir peserta diminta untuk menyusun Perencanaan Kegiatan Satuan Pendidikan sesuai RKAS. Narasumber memberikan pendampingan jika terjadi kesulitan dapat langsung dikonsultasikan dan diberikan arahan sehingga perencanan dapat tersusun dengan baik

Dengan adanya kegiatan pendampingan ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan perencanaan berbasis data di sekolah mereka dengan lebih baik dan efektif. Perencanaan berbasis data diharapkan dapat membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa, serta meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan pendidikan.



Post a Comment for "Kepala Seksi SMK Hermadi Jaya SE Membuka Kegiatan Pendampingan Perencanaan Berbasis Data Tingkar SMK Se-Kabupaten Mamuju Tengah"