Buku Saku Komunitas Belajar Satuan Pendidikan



Cabdin2sulbar.id- Peran Guru dan tenaga Kependidikan (GTK) sangat penting bagi terjadinya transpormasi pembelajran murid. Akselerasi transformasi pembelajaran murid dapat terjadi jika para guru dan tenaga kependidikan senang dan rutin belajar untuk meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pelatihan, pendampinga, mentoring, coaching, ataupun komunitas belajar. Komunitas belajar adalah salah satu strategi untuk meningkatkan komptensi guru dan tenaga kependidikan.

Konsep komunitas belajar  sekolah yang digunkan pada panduan ini menggunakan konsep Profesional Learning Community (PLC) yang dikembang oleh Richard DuFour dkk (2016). Komunitas belajar dalam sekolah menjadi wadah bagi guru dan tenaga kependidikan untuk belajar Bersama dan berkolaborasi secara ruting. Kegiatan dalam Komunitas ini idealnya memiliki tujuan yang jelas dan terukur dalam meningkatan kualitas pembelajran sehingga berdampak pada hasil belajar murid. Untuk memaksimalkan keberadaannya, diperlukan kolaborasi yang baik dan komitmen bersama antara guru dan tenaga kependidikan dalam komunitas belajar.

Sebagai acuan belajar  dalam komunitas diperlukan panduan baik untuk satuan Pendidikan maupun pemangku kepentingan terkait.Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar merupakan pembaharuan panduan sebelumnya yaitu Peunjuk Awal Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah (2022). Panduan ini memuat penjelasan yang lebih komprehensif tentang langkha membangun komunitas belajar yang berdampak pada hasil belajar murid 


Post a Comment for "Buku Saku Komunitas Belajar Satuan Pendidikan"